Januari 24, 2009

LDII KECEWA PIDATO OBAMA

Kecewa Pidato Obama

Kalangan Islam di Indonesia, tampaknya, kecewa dengan pidato pertama Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama setelah diambil sumpahnya. Pengganti George W. Bush itu sama sekali tidak menyinggung konflik antara Palestina dan Israel yang menjadi isu utama dunia saat ini.

Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan mengatakan, masyarakat terutama kalangan muslim terkejut karena hingga akhir pidatonya, Obama tidak menyinggung sedikit pun krisis Gaza. Bisa dipastikan, dalam beberapa pekan ke depan, tidak ada perubahan kebijakan politik luar negeri Amerika Serikat terkait perang di Timur Tengah itu.

''Jangan berharap banyak kepada Obama. Dari dulu, saya melihat sikap Obama itu pro-Zionis,'' kata Anies Baswedan kemarin (21/1).

Anies melihat, Obama ingin menunjukkan kepada domestic public di Amerika Serikat bahwa dirinya tidak kalah tegas dengan pendahulunya, George W. Bush. ''Tampaknya, dia ingin menunjukkan hal tersebut pada i hari pertama menjabat,'' kata doktor ilmu politik lulusan Northern Illinois University, Amerika Serikat, itu.

Dalam pidato inaugurasinya, Obama menjanjikan awal baru dengan dunia muslim. ''Dengan dunia muslim, kami akan mengusahakan jalan baru ke depan, berdasarkan kepentingan bersama dan penghormatan bersama,'' kata Obama.

Secara terpisah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) juga tampak tak memberikan respek berlebihan terhadap pelantikan Obama. LDII bahkan meminta seluruh ormas Islam di Indonesia mendesak Obama merealisasikan janji-janji kampanyenya. Salah satu di antaranya adalah segera membubarkan penjara Guantanamo. ''Ini kesempatan agar Presiden Obama mewujudkan janjinya membubarkan penjara Guantanamo,'' kata Ketua DPD LDII Teddy Suratmadji.

Teddy juga mengingatkan agar pemerintah dan pemimpin Indonesia tidak berharap terlalu banyak kepada kepemimpinan Obama. ''Tapi, apa pun alasannya kami harus menagih janji dan tidak berlebihan menyambut pelantikannya,'' ujarnya. (AP/tom/zul/kim)JAWA POS EDISI 22 JANUARI 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar